Yuk, Ketahui Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Showcase!

Tahukah Anda? Kulkas bukanlah satu-satunya alat elektronik yang berfungsi mendinginkan makanan dan minuman. Lemari pendingin terdiri dari bermacam-macam jenis, seperti kulkas inverter dan non-inverter, chiller, freezer, dah showcase.

Rumah tangga umumnya menggunakan kulkas untuk menyimpan bahan-bahan makanan. Namun, kini banyak juga rumah tangga yang menggunakan showcase untuk fungsi tersebut, meskipun alat ini sebenarnya ditujukan untuk usaha berjualan makanan dan minuman. Sebenarnya, apa kelebihan dan kekurangan showcase?

Pada dasarnya, fungsi showcase sama dengan chiller. Kedua alat ini merupakan jenis lemari pendingin yang fungsinya menyimpan dan mendinginkan makanan atau minuman, namun tidak membekukan.

Showcase sering disebut juga dengan istilah display refrigerator, yaitu lemari pendingin yang digunakan memajang makanan atau minuman yang ditawarkan atau dijual. Sementara, chiller dapat digunakan untuk usaha maupun untuk pribadi (penggunaan untuk kebutuhan rumah tangga biasa).

Kenapa lemari pendingin untuk rumah tangga dan bisnis makanan berbeda? Alasannya karena jenis lemari pendingin yang tertutup seperti kulkas kurang ideal untuk menempatkan makanan yang dijual, sebab pelanggan akan kesulitan untuk melihatnya.

Nah, kebutuhan untuk melihat produk makanan dan minuman yang dijual tanpa perlu membuka lemari pendingin itu yang diakomodasi oleh showcase chiller.

Kelebihan Showcase

Meski tujuan utama showcase adalah untuk bisnis, namun, kini banyak juga rumah tangga yang menggunakan alat ini. Nyatanya memang banyak rumah tangga yang membutuhkan lebih dari satu lemari pendingin untuk menyimpan berbagai bahan makanan dan minuman.

Untuk tahu lebih detail kelebihan dan kekurangan showcase, yuk, kita simak terlebih dulu apa saja kelebihan alat ini!

  • Pendukung bisnis

Dalam memasarkan produk, penjual perlu alat untuk memajang atau display produk-produknya. Nah, showcase adalah alat yang tepat untuk tujuan ini karena tampilannya yang besar dengan visibilitas tinggi.

Produk yang dipajang pada showcase membuat produk menarik dan pelanggan mudah tertarik. Begitu juga saat memasarkan produk, showcase dapat bermanfaat karena efisien maupun efektif di saat yang sama.

  • Komponen yang berkualitas

Setiap komponen showcase berkualitas tinggi. Struktur showcase juga dirancang dengan sangat baik sehingga lemari pendingin ini tidak mudah rusak. Hal ini tentu penting bagi pelaku bisnis yang harus memperhitungkan biaya pembelian alat dan usia pakainya agar tidak mengalami kerugian.

Ditambah lagi, adanya lapisan stainless steel pada beberapa produk showcase juga membuat lemari pendingin ini tidak mudah berkarat. Dengan kata lain, showcase merupakan pilihan lemari pendingin yang tepat bagi Anda yang ingin menjalani bisnis menjual makanan dan minuman.

  • Mudah dibersihkan

Selain memiliki komponen yang berkualitas tinggi, showcase juga mudah sekali dibersihkan. Apalagi pintunya terbuat dari kaca transparan sehingga membuat Anda jadi mudah menemukan bagian-bagian yang kotor dan perlu dibersihkan.

Perawatannya pun tergolong gampang sebab Anda bisa mudah melepas komponen dan rak display saat hendak membersihkannya.

  • Efisien

Pintu showcase berupa kaca transparan sehingga memudahkan konsumen untuk dapat melihat produk yang dijual. Pembeli dapat memilih tanpa perlu membuka showcase, lalu setelah menentukan produk apa yang ingin dibeli, tinggal mengambil produk yang dipilih.

Tak hanya menguntungkan pembeli, desain showcase juga memudahkan penjual dalam melakukan pengecekan stok barang. Cukup melihat dari luar showcase, penjual dapat mengetahui barang mana yang sudah habis atau tinggal sedikit dan perlu ditambah. Dengan kata lain, penjual bisa segera mengisi kembali barang yang kosong tanpa harus membuka showcase dan mengamati satu per satu.

  • Menjaga kualitas produk

Penggunaan showcase dapat membantu menjaga kualitas produk makanan dan minuman yang dijual. Jika bahan makanan seperti sayur, buah, daging, roti, dan kue disimpan di suhu ruang, proses pematangannya akan berlangsung cepat sehingga kualitasnya dapat cepat menurun. Oleh karena itu, produk-produk yang dijual dapat lebih lama terjaga kesegarannya jika disimpan dan dipajang di dalam showcase.

Kekurangan Showcase

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan showcase serta fungsi showcase, Anda mungkin bertanya-tanya apakah alat ini memiliki kekurangan? Ternyata memang ada beberapa aspek dari alat ini yang tidak sempurna. Yuk, kita lihat apa saja.

  • Konsumsi listrik yang besar

Saat menggunakan alat elektronik, salah satu pertimbangan utama adalah konsumsi listriknya. Begitu juga dengan showcase. Apakah showcase boros listrik? Sebagian merk showcase ternyata memang membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

Namun, belakangan ini produk-produk showcase keluaran baru memiliki fitur-fitur canggih penghemat konsumsi listrik. Jika Anda mencari showcase yang hemat listrik, lakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan produk yang konsumsi listriknya sesuai dengan keadaan di rumah.

  • Mudah berembun

Kekurangan ini juga ditemukan pada beberapa merk showcase. Hal ini tentu bisa mengurangi efisiensi fungsi showcase, terutama dalam kegiatan usaha. Bila pintu showcase sering berembun, Anda harus sering-sering mengelapnya agar produk yang dipajang di dalam showcase dapat tetap dilihat oleh pelanggan.

Maka, pastikan Anda membeli showcase yang memiliki fitur anti-embun agar Anda tidak perlu sering-sering membersihkan kaca pintu showcase.

  • Harga yang lumayan tinggi

Untuk mendapatkan showcase yang berkualitas tinggi, tentu diperlukan biaya yang tidak sedikit juga. Apalagi bila showcase yang Anda ingin beli dilengkapi fitur-fitur terkini yang dapat membuat efektivitas penggunaan meningkat.

Namun, perlu dipikirkan juga apakah fitur-fitur canggih itu memang dibutuhkan bagi usaha Anda? Mengingat harganya yang lumayan tinggi, sebaiknya pertimbangkan dengan baik fitur seperti apa yang Anda butuhkan sebelum membeli showcase.

Tips Menggunakan Showcase

Dari segi harga, showcase lebih mahal dibandingkan kulkas pada umumnya. Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk menggunakan alat ini, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun usaha makanan, pastikan Anda tahu cara merawatnya dengan sebaik mungkin agar fungsi showcase dapat bertahan lama. Berikut tipsnya!

  • Tempat harus strategis

Penempatan showcase juga harus dipikirkan betul-betul. Ini penting agar produk yang dipajang di dalamnya dapat dengan mudah dilihat atau menarik perhatian konsumen. Karena produk mudah terlihat oleh konsumen, maka peluang produk untuk terjual pun jadi lebih tinggi. Jadi, hindari meletakkan showcase di pojokan atau di area yang jauh dari sorot mata pelanggan yang mendatangi toko Anda.

Masih terkait penempatan, showcase juga sebaiknya tidak diletakkan di area yang dekat panas atau benda mudah panas seperti oven atau kompor. Tindakan ini bisa mengganggu fungsi pendinginan pada showcase sehingga berisiko tidak awet.

  • Penataan yang menarik

Selain penempatan showcase, penataan produk di dalamnya pun harus dipikirkan sedemikian rupa. Hindari menumpuk produk seperti saat menyimpannya di dalam dus atau peti.

Sebaliknya, atur posisi makanan atau minuman yang Anda jual dengan memberikan jarak antara produk yang satu dengan produk yang lain sehingga tidak terlalu berdempetan.

Dengan demikian, produk yang dipajang pun terlihat rapi dan cantik ketika dipandang oleh konsumen. Penataan yang rapi dapat menarik perhatian konsumen dan mendorong mereka untuk membeli produk tersebut.

  • Pentingnya perawatan rutin

Bersihkan showcase secara rutin, terutama pada bagian evaporator dan karet pintu kacanya. Jika perlu, Anda bisa melakukan servis pengecekan secara berkala untuk memastikan bahwa sambungan kabel daya listrik dan juga keseluruhan mesin masih bisa berfungsi dengan baik.

Alat yang digunakan untuk bisnis biasanya penggunaannya lebih berat dibandingkan untuk keperluan rumah tangga. Jadi, pengecekan dan perawatan secara berkala ini sangat penting dilakukan agar Anda terhindar dari kerusakan yang lebih cepat.

Showcase Cold Chain AQB-261: Cocok Buat Bisnis karena Awet dan Tahan Lama

Bagi Anda yang sedang mencari showcase untuk mendukung bisnis berjualan makanan dan minuman, ini ada produk yang pas: showcase seri Cold Chain AQB-261 persembahan dari AQUA Elektronik. Dengan desain elegan yang gagah, showcase ini merupakan satu-satunya seri Beverage Cooler milik AQUA Elektronik yang berwarna hitam.

Beverage Cooler AQUA Elektronik AQB-261 (B) ini memiliki kapasitas 170L dengan big handle door. Handle pintu yang besar tentu akan memudahkan saat membuka pintu untuk mengambil minuman. Ini menjadi kelebihan karena konsumen akan sangat mudah dalam memilih serta mengambil produk favoritnya.

Selain itu, beverage cooler ini juga dilengkapi dengan Anti Fog dan Dew yang menjaga pintu kaca dari kabut dan embun. Hal ini membuat produk yang ditaruh di dalamnya dapat dengan mudah terlihat oleh calon pembeli produk. Karena pintu kaca tidak mudah berembun, pembeli tidak perlu membuka pintu untuk memilih produk. Hal ini sangat penting karena bisa menjaga suhu dingin di dalam showcase dan tentunya kesegaran minuman.

Kelebihan lain Cold Chain AQB-261 ada pada rak yang dapat diatur ketinggiannya atau adjustable shelf, sesuai dengan jenis minuman yang akan dipajang. Berkat fleksibilitas ini, Anda dapat lebih leluasa menyusun berbagai minuman yang dipajang untuk dijual. Salah satu kunci kelarisan penjualan minuman bisa terletak pada penataannya yang menarik sehingga mendorong pembeli untuk membeli produk yang dipajang tersebut.

Nah, salah satu kebutuhan untuk bisnis makanan dan minuman rumahan sudah teratasi. Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk mendapatkan lemari pendingin Cold Chain AQB-261.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003