5 Cara Membuat AC Jadi Lebih Dingin

Setiap AC berfungsi mendinginkan ruangan. Namun, kecepatan unit AC mendinginkan ruangan berbeda-beda antara merek satu dengan yang lain. Ada AC yang bisa menyejukkan ruangan lebih cepat dibandingkan AC lainnya. Lalu, bagaimana cara membuat AC lebih dingin supaya ruangan lebih cepat dingin?

Pertama-tama, ada baiknya Anda mengetahui bahwa menyalakan AC dan langsung menyetelnya pada suhu rendah ternyata tidak disarankan. Tindakan ini dapat membuat AC lebih cepat rusak karena AC jadi harus bekerja keras guna menghadirkan udara dingin dalam waktu cepat. Jadi, sebaiknya Anda tidak melakukan ini sebagai cara membuat AC dingin cepat, ya.

Cara Membuat AC Lebih Dingin

Bila Anda ingin merasakan udara dingin yang cepat dari AC, sebaiknya gunakan AC yang memang bisa menghadirkan kesejukan dalam waktu cepat. Tapi, jika AC di rumah tidak memiliki kemampuan tersebut, ada beberapa cara membuat AC dingin cepat yang bisa Anda coba.

  • Pastikan AC dalam mode cool

Setiap unit AC memiliki berbagai mode, seperti cool, dry, fan, dan auto. Setiap mode tersebut mempunyai fungsi berbeda. Nah, fungsi yang bisa membuat AC cepat dingin adalah mode cool. Mode ini biasanya ditandai dengan simbol atau seperti serpihan salju. Mode cool memungkinkan Anda mengatur suhu yang diinginkan di dalam ruangan sehingga AC akan bekerja secara otomatis untuk menurunkan suhu sesuai dengan preferensi Anda.

  • Menyesuaikan suhu dengan luas ruangan

Pilih AC yang dayanya sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Dengan begitu, Anda cukup menyalakan AC pada suhu yang sesuai standar, yaitu antara 22 hingga 25 derajat Celcius.

  • Turunkan secara bertahap

Saat udara sangat panas, banyak orang yang langsung menyalakan AC dan menyetelnya pada suhu paling rendah, antara 16 hingga 18 derajat Celcius. Tindakan ini ternyata berisiko merusak AC. Saat AC baru dinyalakan, sebaiknya Anda menyetel suhu standar, lalu turunkan secara bertahap.

  • Atur ke mode swing

Unit indoor AC memiliki bagian kisi yang berguna untuk mengatur arah semburan angin AC. Anda dapat menggunakan fitur ini dengan menyetel mode swing melalui remote AC.

Mode swing dapat mengalirkan suhu dingin secara merata ke seluruh bagian ruangan. Biasanya ada dua mode swing bisa dipilih, yaitu ke arah atas bawah dan kanan kiri. Anda dapat menyalakan kedua mode itu sekaligus agar ruangan lebih cepat terasa sejuk.

  • Atur fan speed ke kecepatan maksimal

Pada umumnya, AC memiliki tiga pengaturan kecepatan putaran kipas, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Supaya AC di dalam ruangan cepat dingin, Anda cukup mengatur kecepatannya pada tingkat maksimal.

Tips Menjaga Performa Agar AC Lebih Dingin

Tips di atas adalah cara membuat AC lebih dingin. Di samping itu, ada pula tips lain yang perlu Anda ketahui untuk menjaga performa AC agar lebih dingin. Berikut infonya:

  • Jangan nyalakan dan matikan AC terlalu sering

Menyalakan dan mematikan AC dalam waktu berdekatan biasanya dilakukan untuk menghemat listrik. Tindakan ini sebenarnya tidak tepat karena memaksa AC bekerja terlalu keras sehingga menyerap daya listrik yang semakin besar.

  • Rutin servis AC

Sama seperti alat elektronik lain, cara menjaga keawetan AC adalah dengan menyervisnya secara rutin. Pemeliharaan dan perawatan AC membantu meningkatkan efisiensi keseluruhan alat berat dan pada akhirnya menghemat uang. Jadi, pastikan Anda menjadwalkan servis AC secara rutin untuk meningkatkan efisiensi.

  • Rutin bersihkan filter AC

Upaya lain dari pemeliharaan AC adalah rutin membersihkan filter AC. Filter yang kotor dapat memperlambat aliran udara dan membuat AC bekerja lebih keras. Hal ini tentu akan berdampak pada meningkatnya penggunaan listrik. Pastikan untuk membersihkan filter AC setiap bulan agar AC dapat bekerja secara efisien.

AC AQA-KCR5AHQ Bikin Ruangan Cepat Dingin Hanya dalam 5 Menit

Saat cuaca panas terik, mencari kesejukan di dalam ruangan ber-AC adalah kunci! Namun, kadang kesejukan itu tak bisa langsung dirasakan walaupun kita sudah menyalakan AC.

Nah, hal itu tidak akan terjadi bila Anda menggunakan AC AQA-KCR5AHQ persembahan dari AQUA Elektronik. AC ini dilengkapi dengan fitur Turbo Cool yang menyesuaikan suhu sesuai dengan yang Anda inginkan dan membuat ruangan cepat dingin hanya dalam waktu 5 menit. Jadi, tak perlu tunggu lama untuk bisa merasakan kesejukan yang diharapkan[GU1] .

Keunggulan lain AC AQA-KCR5AHQ adalah fitur Wide Voltage yang membuat AC tetap stabil bahkan dalam rentang voltase rendah, sehingga membuat AC jadi hemat listrik. AC ini juga dilengkapi Triple Air Flow yang mampu mengalirkan udara lebih jauh, lebih cepat, dan lebih kuat.

Yang pasti, AC ini memiliki daya tahan yang baik. Menggunakan material istimewa anti karat, yaitu bahan tembaga murni berlapis blue fin untuk evaporator dan kondensor, mencegah timbulnya karat di unit indoor/outdoor. Tak bisa disangkal, AC AQA-KCR5AHQ cocok menjadi pelengkap hunian karena memiliki desain yang menawan dan menghembuskan angin yang menyejukkan.

Segera kunjungi Official Store AQUA Elektronik sekarang juga untuk mendapatkan berbagai promosi menarik!


Nah, hal itu tidak akan terjadi bila Anda menggunakan AC AQA-KCR5AHQ persembahan dari AQUA Elektronik. AC ini dilengkapi dengan fitur Turbo Cool yang dapat menyesuaikan suhu sesuai dengan yang Anda inginkan dan membuat ruangan cepat dingin hanya dalam waktu 5 menit. Jadi, tak perlu tunggu lama untuk bisa merasakan kesejukan yang diharapkan. [GU1]

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003