Cara Menyimpan Daun Bawang Agar Awet dan Tidak Menguning

Daun bawang sebagai pelengkap masakan paling sering dibutuhkan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Namun, sayangnya, sayuran yang satu ini cepat layu dan menguning bahkan ketika sudah dimasukkan ke dalam kulkas.

Daun bawang yang segar hanya bisa bertahan selama kurang lebih 3 s.d. 5 hari. Daya tahan tersebut bergantung cara penyimpannya. Akan tetapi, jika Anda mengetahui cara menyimpan daun bawang yang benar, Anda bisa menyimpannya hingga 1 bulan, loh!

Lantas, bagaimana caranya? Mari simak beberapa cara menyimpan daun bawang agar awet dan tidak menguning pada artikel di bawah ini!

Cara Menyimpan Daun Bawang Agar Awet

Ada beberapa cara menyimpan daun bawang di kulkas agar awet yang bisa Anda coba:

1. Bersihkan Daun Bawang

Langkah pertama, pastikan Anda sudah membersihkan daun bawang secara keseluruhan, ya! Terlebih jika Anda membelinya di pasar yang sudah terkontaminasi udara dan lingkungan luar. Tentunya harus lebih ekstra lagi dalam membersihkannya.

Daun bawang yang tidak bersih akan berpotensi menumbuhkan bakteri baru yang jahat bagi tubuh. Maka dari itu, Anda bisa membersihkannya mulai dari akar, setiap helai daun bawang, dan bagian lainnya yang masih terlihat kotor. Ketika mencucinya, Anda tidak perlu menggunakan sabun. Cukup gunakan air mengalir sampai bersih.

2. Simpan Daun Bawang dalam Keadaan Kering

Setelah dicuci, keringkan daun bawang sampai tidak ada air yang tersisa. Caranya cukup mudah yaitu dengan diangin-anginkan atau dilap menggunakan kain/tissue.

Langkah ini perlu diperhatikan guna menghindari air yang masih mengendap di sela-sela daun bawang. Tujuannya adalah agar sayuran tidak cepat layu dan menguning karena lembab.

3. Bungkus Rapat dengan Plastik atau Koran

Cara menyimpan daun bawang di kulkas agar awet berikutnya adalah menggunakan media plastik atau koran. Penggunaan media ini bertujuan untuk menghindari meletakkan daun bawang begitu saja di laci kulkas yang akan berujung pada bau tidak sedap. Selain menghindari bau, plastik atau koran juga bisa memperlambat daun bawang agar tidak cepat layu dan menguning.

Tidak hanya itu saja, penggunaan plastik atau koran juga bisa bantu kurangi aroma daun bawang mengontaminasi sayuran atau makanan lain. Selain itu, pastikan daun bawang juga diletakkan di laci khusus untuk sayur atau buah-buahan, ya. Langkah ini sangat tepat untuk menata isi kulkas secara efektif agar aroma makanan tetap terjaga.

Jika Anda ingin menggunakan plastik, Anda bisa melubangi plastik di beberapa bagian. Tidak perlu terlalu banyak lubang, pastikan ada cukup bagian untuk sirkulasi udara. Setelah itu, Anda bisa langsung memasukkannya ke dalam laci kulkas bersama sayuran lainnya.

Nah, jika menggunakan koran, Anda bisa memberi sedikit air terlebih dahulu agar lebih lembab. Selain koran, Anda juga dapat menggantinya dengan kain atau tissue tebal. Namun, pastikan koran atau kain tidak terlalu basah, ya!

Tujuannya adalah guna menghindari daun bawang cepat membusuk. Kemudian, Anda hanya perlu membungkus bagian akarnya saja. Pasalnya, akar daun bawang adalah bagian yang paling cepat membusuk dibandingkan bagian lainnya.

4. Simpan dalam Wadah Tertutup

Cara menyimpan daun bawang agar tahan lama di kulkas berikutnya adalah menyimpannya dalam wadah tertutup. Dalam menerapkan cara ini, pastikan daun bawang sudah dicuci bersih dan kering, ya!

Wadah tertutup digunakan guna menghindari pengaturan suhu udara kulkas yang terlalu dingin atau terlalu panas. Dengan kata lain, sayuran tersebut tidak akan terpengaruh oleh udara dari luar.

5. Rendam dalam Wadah Berisi Air

Selain menggunakan kulkas, ada juga cara menyimpan daun bawang agar awet tanpa kulkas. Media yang digunakan hanyalah wadah berupa botol/plastik/lainnya, air, dan cahaya matahari.

Pertama, masukkan daun bawang ke dalam wadah. Posisikan akar daun bawang berada di dasar wadah dan helainya di atas.

Lalu, tuang air secukupnya. Tidak perlu terlalu banyak, cukup sekitar 3 cm s.d. 5 cm. Air yang digunakan bisa berupa air dingin atau air keran pada umumnya. Terakhir, letakkan wadah di tempat yang terkena sinar matahari.

Pada dasarnya, cara yang satu ini bisa sekaligus menumbuhkan daun bawang menjadi lebih tinggi. Jadi, Anda bisa memotong bagian daunnya secukupnya ketika akan dibutuhkan. Tidak hanya berlaku untuk daun bawang, cara ini juga bisa diterapkan untuk menyimpan jenis bawang lainnya.

Simpan Sayur dan Buah Lebih Lama dengan AQR-TTD546RBG

Daun bawang atau sayuran lainnya akan lebih awet dan tidak cepat menguning jika Anda menggunakan kulkas dengan fitur terbaik seperti AQR-TTD546RBG. Produk keluaran AQUA Elektronik ini menyediakan fitur canggih, seperti multi-air flow, HCS moist zone, dan 3 temperature options.

Fitur multi-air flow berfungsi untuk menjaga kestabilan aliran udara agar lebih segar dan terhindar dari bakteri luar. Tidak hanya itu saja, produk ini pun dilengkapi 3 temperature options yang dimulai dari 0 derajat sampai dengan 4 derajat celcius. Kestabilan suhu tersebut sangat cocok untuk menyimpan bahan makanan segar, seperti daun bawang.

Demikianlah beberapa cara menyimpan daun bawang agar awet dan tidak menguning yang bisa Anda coba di rumah. Jaga kualitas sayuran agar cita rasa tetap terjaga dan tidak berbahaya bagi tubuh ketika dikonsumsi.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003