Cara Menyimpan Buah Potong di Kulkas

Konsumsi buah segar memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, banyak orang tak punya waktu untuk mengupas dan membersihkan buah sebelum dikonsumsi.

Tak heran, banyak yang kemudian membeli buah potong, atau mengupas dalam jumlah banyak lalu menyimpannya di dalam kulkas. Sehingga saat hendak menyantapnya lebih mudah. Namun demikian, buah yang sudah dipotong terkadang lebih mudah rusak daripada buah utuh. Berikut cara menyimpan buah potong di kulkas lebih lama!

Hal-Hal yang Membuat Buah Potong Tidak Tahan Lama

Ada beberapa faktor yang membuat buah yang sudah dipotong lebih mudah busuk dibandingkan dengan buah yang utuh. Apa saja? Simak berikut ini!

1. Oksidasi

Hal pertama yang membuat buah potong tidak tahan lama yaitu oksidasi. Ketika buah dipotong, permukaan yang terpotong terbuka dan rentan terhadap paparan udara. Oksigen bereaksi dengan enzim dalam buah, menyebabkan oksidasi yang mempengaruhi warna, tekstur, dan rasa buah tersebut. Proses ini sering kali menghasilkan perubahan warna menjadi coklat atau kekuningan pada buah-buahan seperti apel, pisang, dan pir.

2. Pertumbuhan mikroba

Selain oksidasi, faktor lain yang menyebabkan buah potong tidak tahan lama adalah pertumbuhan mikroba. Buah menjadi lebih rentan terhadap serangan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur saat dikupas. Permukaan yang terpotong menyediakan lingkungan yang ideal bagi mikroba untuk berkembang biak, yang dapat menyebabkan pembusukan dan penurunan kualitas buah.

3. Kehilangan kandungan air

Setelah dipotong, buah cenderung kehilangan air lebih cepat karena permukaan yang terpotong menjadi lebih terbuka dan lebih mudah kehilangan kelembaban. Kehilangan air dapat menyebabkan buah menjadi kering, layu, dan teksturnya berubah, yang pada akhirnya dapat mempercepat proses pembusukan.

4. Kerusakan fisik

Selain potongan yang mengakibatkan kerusakan struktural, manipulasi fisik seperti pemotongan atau pemrosesan bisa merusak sel-sel buah. Ini dapat mempercepat proses pematangan dan memperpendek umur simpan buah.

Cara Menyimpan Buah Potong di Kulkas

Meski buah potong rentan rusak namun Anda bisa mengantisipasinya dengan penyimpanan yang benar. Simak cara menyimpan buah potong di kulkas berikut!

1. Gunakan wadah kedap udara

Cara menyimpan buah di kulkas terutama yang sudah dipotong arus menggunakan wadah kedap udara. Dengan cara ini, Anda bisa melindungi permukaan buah dari paparan udara yang berlebihan.Pasalnya, paparan udara yang berlebihan membuat proses oksidasi lebih cepat. Membuat buah lebih cepat berubah tekstur dan warnanya.

Selain itu, fungsi menyimpan buah potong dengan wadah kedap udara yaitu mencegah masuknya mikroorganisme. Wadah kedap udara juga membuat transfer bau dan rasa menjadi lebih sulit sehingga buah tetap segar saat dikonsumsi.

Anda bisa gunakan wadah kaca, atau wadah plastik sekalipun. Jika menginginkan menggunakan wrap seperti buah yang dijual di supermarket juga tidak masalah. Yang terpenting memang tertutup rapat dan tidak ada celah untuk mikroorganisme masuk.

2. Tambahkan sekat pemisah

Saat menyimpan buah-buahan dengan jenis berbeda usahakan untuk tidak mencampurnya. Menyimpan berbagai jenis buah dalam satu wadah dapat mempercepat proses pembusukan karena adanya pertukaran gas etilen antara buah-buahan yang berbeda, yang dapat mempercepat pematangan secara keseluruhan. Oiya, sebelum memasukkan buah ke dalam kulkas, pastikan Anda mengecek apakah buah tersebut masuk daftar buah yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas.

Selain itu, risiko kontaminasi bakteri dan jamur antar buah juga meningkat ketika mereka dicampur dalam satu wadah, yang dapat memicu pembusukan lebih cepat secara kolektif. Oleh karena itu, untuk menjaga kesegaran buah lebih lama, disarankan untuk menyimpan berbagai jenis buah secara terpisah atau menggunakan wadah terpisah untuk masing-masing jenis buah.

Anda tetap bisa menyimpannya dalam satu wadah namun menambahkan sekat pemisah. Sehingga setiap jenis buah tidak bersatu satu sama lain membuatnya lebih awet dan lebih tahan lama.

3. Perhatikan suhu kulkas Anda

Cara selanjutnya saat hendak menyimpan buah potong di kulkas adalah memastikan suhu kulkas Anda merupakan suhu terbaik dan dapat menyimpan bahan makanan yang tepat. Terutama selalu perhatikan suhu chiller supaya buah tetap segar dan tahan lama.

Suhu kulkas yang ideal untuk menyimpan buah potong biasanya berkisar antara 0°C hingga 4 derajat celcius (32 derajat fahrenheit hingga 40 derajat fahrenheit). Suhu ini membantu memperlambat pertumbuhan mikroba dan proses oksidasi pada buah, menjaga kesegaran dan kualitas nutrisi buah potong lebih lama.

Jika suhu kulkas Anda sudah tidak stabil Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Tentunya pilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Rekomendasi kulkas berkapasitas besar dan suhu yang stabil cocok untuk menyimpan buah dan sayuran adalah kulkas AQR-CTD506RGC dari AQUA Elektronik.

Produk ini memiliki fitur "Magic Zone" pada suhu 0 hingga 4 derajat Celcius, Anda dapat memastikan makanan Anda tetap segar dan aman untuk dikonsumsi. Suhu ini ideal untuk menyimpan berbagai jenis makanan, mulai dari susu asi yang membutuhkan pendinginan tepat untuk mempertahankan nutrisi hingga buah dan sayuran yang membutuhkan lingkungan yang dingin untuk memperlambat proses pembusukan.

Selain itu, kulkas dari AQUA Elektronik ini dilengkapi 360 derajat COOLING dimana udara dingin didistribusikan secara menyeluruh ke seluruh bagian kulkas sehingga kesegaran dan rasa terjamin. Dengan desain yang elegan cocok untuk melengkapi dapur estetik Anda.

Rekomendasi lainnya untuk menyimpan sayur dan buah-buahan lebih tahan lama adalah kulkas CTD746RAG dari AQUA Elektronik. Dengan HCS Plus, dua ruangan penyimpanan terpisah yang terkontrol kelembapan dan suhunya sehingga penyimpanan lebih optimal.

Produk ini juga dilengkapi dengan ABT PRO yang bisa menghilangkan bakteri serta aroma tidak sedap. Anda yang suka menyimpan daging juga tidak perlu khawatir fresher shield menjaga suhu freezer tetap stabil sehingga makanan yang disimpan tetap beku dengan sempurna. Desainnya tak kalah elegan untuk dapur mewah Anda.

4. Hindari meletakkan di bagian yang terpapar cahaya langsung

Menyimpan bahan makanan yang sudah dipotong di tempat yang terlindungi dari cahaya langsung dapat membantu mencegah oksidasi dan perubahan rasa yang cepat. Cahaya dapat mempercepat proses perusakan nutrisi dan perubahan warna pada makanan, terutama pada buah dan sayuran yang telah dipotong. Jadi, menjaga makanan yang sudah dipotong di tempat yang sejuk dan gelap akan membantu memperpanjang umur simpannya dan menjaga kualitasnya.

Nah, berikut diatas merupakan cara menyimpanan buah potong di kulkas dan hal-hal apa saja yang membuah buah potong cepat rusak. Pastikan sebelum Anda mengkonsumsinya atau memberikannya kepada anggota keluarga lain Anda mengeceknya terlebih dahulu.

Cek mulai dari tekstur, rasa dan warna buah. Terutama jika diberikan kepada si kecil yang belum memahami rasa buah busuk. Sebab meski disimpan di kulkas, namun ada faktor lain bisa saja buah busuk secara cepat. Jadi Anda harus tetap teliti dan hati-hati.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003