Kabel TV Sebaiknya Dicabut atau Tidak Saat Malam? Ini Jawabannya!

tv led

Sebagian dari Anda mungkin pernah berpikir bahwa mencabut kabel peralatan elektronik akan menghemat penggunaan listrik. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah.

Namun, peralatan elektronik sekarang ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih sehingga Anda tidak perlu mencabut kabel terlalu sering. Lantas, apakah hal tersebut juga berlaku untuk kabel TV?

Supaya tidak salah lagi, mari cari tahu jawaban tentang “Apakah kabel TV sebaiknya dicabut atau tidak saat malam tidak digunakan?” Simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini!

Kabel TV Sebaiknya Dicabut atau Tidak saat Malam?

Jawabannya adalah TIDAK! Idealnya, kabel TV tidak perlu dicabut saat malam terutama jika Anda menggunakannya setiap hari. Ditambah lagi, modern ini ada beragam jenis TV yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih.

Mengapa demikian? TV akan terus berada dalam kondisi “standby” sehingga akan lebih hemat listrik jika akan digunakan.

Justru kebalikannya jika Anda mencabut kabel TV setiap malam. Mencabut arus listrik dari TV malah akan menggunakan tenaga listrik lebih besar dibandingkan jika tidak dicabut. Pasalnya, TV yang baru dicolokkan kabelnya ke sumber listrik akan membutuhkan daya lebih besar agar bisa menyala sepenuhnya.

Cara Mematikan TV LED & TV Android yang Benar dan Aman

Nah, bagi Anda pengguna TV Android atau TV LED, Anda harus tahu bagaimana cara mematikan TV yang benar dan aman. Selain aman, langkah-langkah di bawah ini juga akan membuat kualitas dan daya tahan TV lebih tahan lama. Mari simak cara-caranya di bawah ini:

1. Menekan tombol “off” dari remote atau TV secara langsung

Cara termudah dan teraman ketika mematikan TV LED dan TV Android adalah langsung dari remote control. Remote memang sudah dilengkapi dengan sensor otomatis yang akan mematikan TV dan membuatnya masuk ke dalam mode “standby”. Ketika sudah dalam mode ini, Anda bisa menyalakan TV kembali dengan mudah dan cepat.

Namun, kelemahan remote adalah cepat rusak dan habis battery. Jika Anda belum sempat memperbaiki remote, Anda dapat mematikan TV LED dan TV Android langsung di tombol “off” pada tabung TV.

2. Gunakan fitur “timer” otomatis

Seringkali mungkin Anda ketiduran atau lupa mematikan TV karena terlalu fokus dengan hal lain. Padahal, jika dibiarkan menyala terus menerus, kualitas TV akan menurun sehingga cepat rusak.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk memanfaatkan fitur “timer” otomatis yang bisa diatur dari remote. Dengan timer ini, TV akan otomatis mati jika TV sudah menyala lebih dari waktu yang sudah diatur. Biasanya, smart TV sudah dilengkapi dengan fitur canggih yang satu ini.

Contoh, TV sudah menyala lebih dari 1 jam sejak Anda meninggalkannya tanpa ditonton. Nah, fitur ini akan otomatis mati setelah 1 jam menyala terus-menerus.


Salah satu produk smart TV yang bisa Anda rasakan fiturnya adalah Televisi AQT43K800UX dari AQUA Elektronik. Selain fitur smart seperti “timer”, Anda pun bisa mendapatkan akses fitur canggih lainnya seperti Google TV, Digital TV, dan 4K HDR.

Anda bisa menonton film kesukaan sepuasnya bahkan bermain game dengan nyaman di layar yang lebih lebar. Kualitas gambar yang jernih dari fitur 4K HDR juga akan menambah pengalaman menonton Anda yang lebih daripada biasanya.

Cara Merawat TV LED & TV Android yang Benar agar Awet

tv led

Selain tahu cara mematikan TV LED & TV Android dengan benar, Anda pun harus merawatnya dengan tepat agar awet dan tahan lama. Bagaimana caranya? Mari simak beberapa tipsnya di bawah ini:

1. Cabut kabel TV jika tidak digunakan setiap hari

Apabila Anda ingin bepergian lebih dari 3 hari atau jarang menonton televisi, pastikan Anda mencabut kabel TV langsung dari sumbernya, ya. Tujuannya agar TV tidak terus berada dalam mode “standby”.

Selain itu, mencabut kabel TV juga bisa menghemat penggunaan daya listrik sehingga lebih hemat. Jadi, selain awet, tagihan listrik Anda pun tidak akan membengkak.

2. Perhatikan batas waktu efektif TV menyala

Idealnya, TV dinyalakan selama 3 – 4 jam per hari. Waktu tersebut dirasa efektif dari segi kesehatan dan menjaga kualitas TV itu sendiri.

Anda memang tidak disarankan untuk menatap layar TV terlalu lama setiap harinya karena tidak akan baik bagi kesehatan mata hingga kesehatan postur tubuh. Terutama bagi anak-anak berumur di bawah 2 tahun yang idealnya hanya boleh terkena paparan layar TV kurang dari 1 jam setiap harinya.

Nah, jangan sampai salah kaprah lagi tentang kabel TV harus dicabut atau tidak saat malam, ya! Pastikan Anda paham cara mematikan dan merawat TV LED & Android yang benar agar produk tetap awet dan bekerja optimal.

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003