Tertarik Memulai Hobi Memasak? Simak Dulu 5 Tips Berikut Ini!

memasak

Tidak bisa dipungkiri, berlangsungnya pandemi sedikit banyak mengubah gaya hidup masyarakat, terlebih dalam menjaga kebersihan. Namun, eksplorasi diri juga menjadi hal yang banyak dilakukan karena aktivitas dilakukan lebih banyak di rumah. Salah satu hobi yang semakin digemari sejak pandemi adalah hobi memasak.

Hal ini selaras dengan riset yang dilakukan oleh Lending Tree/Qualtrics di Amerika Serikat pada awal tahun 2021 lalu, yang menyatakan bahwa memasak menduduki peringkat kedua sebagai hobi baru yang paling banyak dicoba. Peringkat pertama ditempati oleh membaca dan peringkat ketiga adalah berkebun.

Fenomena ini membuat tips and trick serta resep masakan menjadi sangat mudah ditemui di dunia maya, terutama di platform media sosial seperti TikTok, Instagram, hingga Twitter. Dari sana, masyarakat menjadi saling membagikan hasil uji coba masakannya dan tak lupa juga untuk bertukar resep.

Lalu, apakah Sobat AQUA juga tertarik untuk memulai hobi memasak? Sebelum itu, ketahui dulu, yuk, 5 tips yang bisa membantu untuk memulainya berikut ini!

5 Tips untuk Sobat AQUA yang Ingin Memulai Hobi Memasak

Cari referensi resep dari ahlinya

Satu hal yang penting dari memasak adalah memiliki resep yang mendetail dan terpercaya. Bayangkan, jika resep yang Sobat AQUA miliki ternyata dibuat secara asal-asalan, hasil masakan juga tidak akan berhasil, kan? Maka dari itu, Sobat AQUA bisa mencari referensi sesuai dengan jenis makanan yang ingin dimasak.

Sebagai contoh, jika Sobat AQUA ingin memasak masakan Asia dan Barat bisa mencoba referensi masakan dari chef ternama asal Indonesia yaitu William Gozali (Willgoz). Lewat kanal Youtube-nya, Ia menyediakan beragam resep masakan dengan penyampaian yang mudah dimengerti dan bahan-bahan masakan yang umum.

Siapkan ‘alat tempur’ memasak

Selain resep, penting juga untuk menyiapkan perlengkapan memasak, ya. Tidak perlu yang kelas berat, setidaknya Sobat AQUA sudah memiliki perlengkapan memasak yang mendasar, seperti kompor, panci, wajan, pisau, spatula, dan lainnya.

Perlengkapan dapur yang memenuhi standar dan punya kualitas yang baik sudah lebih dari cukup untuk para pemula yang ingin memulai hobi memasak, kok. Jadi, Sobat AQUA tidak perlu khawatir berlebihan, ya!

Mulai dari resep yang sederhana

Bingung akan masakan apa yang harus dicoba sebagai permulaan? Cobalah dengan resep yang sederhana terlebih dulu. Sebab, bahan masakan yang digunakan juga tentunya sederhana, misalnya tumis sayuran. Sehingga Sobat AQUA tidak perlu melakukan persiapan yang terlalu lama.

Setelah menentukan masakan apa yang akan dibuat, Sobat AQUA hanya perlu memperhatikan resep secara terperinci dan pastikan tidak ada bahan atau step yang terlewat, ya. Lalu, Sobat AQUA bisa langsung uji coba resep tersebut.

Jangan takut gagal

Tips selanjutnya adalah jangan takut akan kegagalan! Kegagalan adalah suatu hal yang wajar, apalagi sebagai pemula. Trial dan error menjadi metode yang pasti akan dilewati oleh para pemula, khususnya dalam hobi memasak. Bisa saja feel memasaknya baru terasa setelah percobaan kedua atau bahkan ketiga.

Gunakan bahan yang segar dan berkualitas

Nah, tips yang tidak kalah penting adalah menggunakan bahan yang segar dan berkualitas. Bahan masakan menjadi salah satu faktor penentu apakah masakan akan berhasil atau tidak, lho. Dengan menggunakan bahan yang berkualitas baik, besar kemungkinan masakan juga akan berakhir lezat.

Selain itu, Sobat AQUA juga harus memperhatikan tempat dan cara penyimpanan bahan makanan, ya. Sebagai contoh, jangan menyatukan timun dengan tomat di kulkas, dikarenakan tomat mengandung gas Etilen yang bisa mempercepat kebusukan pada timun. Juga, pastikan memilih kulkas yang berkualitas.

Keuntungan Hobi Memasak yang Wajib Diketahui

Selain dapat menjadi gaya hidup, hobi memasak juga memberikan banyak keuntungan bagi Sobat AQUA. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan:

Meningkatkan Kreativitas

Memasak membutuhkan kreativitas dalam memadukan bahan-bahan, menciptakan rasa yang unik, serta mengkreasikan tampilan makanan yang menarik. Hal ini dapat merangsang otak Sobat AQUA untuk terus berinovasi dan berkreasi.

Mengembangkan Keterampilan

Dengan rajin memasak, Sobat AQUA akan semakin mahir dalam teknik-teknik memasak, mulai dari memotong, menggoreng, menyajikan, dan lain-lain. Keterampilan ini bisa menjadi bekal yang berharga di kemudian hari.

Menghemat Pengeluaran

Memasak sendiri di rumah tentu lebih murah dibandingkan membeli makanan di luar. Sobat AQUA bisa mengontrol bahan-bahan yang digunakan serta porsi makanan, sehingga bisa menghemat pengeluaran.

Menjaga Kesehatan

Dengan memasak sendiri, Sobat AQUA dapat memastikan kebersihan dan kualitas bahan makanan yang digunakan. Selain itu, Sobat AQUA juga bisa mengatur komposisi nutrisi dalam masakan sesuai kebutuhan.

Mengisi Waktu Luang

Memasak dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menyita perhatian Sobat AQUA saat memiliki waktu luang. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan kebosanan.

Kulkas AQUA Elektronik yang Bisa Mendukung Hobi Memasak

Nah, agar momen memasak Sobat AQUA lebih mudah dan seru, Sobat AQUA bisa melengkapi dapur dengan barang-barang elektronik dapur pendukung, salah satunya seperti kulkas.

Untuk itu, Sobat AQUA bisa memilih produk kulkas dari AQUA Elektronik dengan tipe AQR-D251 dan AQR-D261, nih! Kedua kulkas ini memiliki fitur Bigger Vegetable Box di mana menyediakan ruang penyimpanan yang lebih besar untuk sayuran dan juga buah-buahan yang akan dijadikan masakan.

Selain itu, kulkas yang berukuran 169L dan 203L ini juga dilengkapi dengan teknologi Full Insulation, yang membuat proses pendinginan yang dilakukan oleh kulkas dilakukan secara cepat. Jadi, bahan masakan yang Sobat AQUA masukkan ke kulkas akan langsung didinginkan tanpa harus menunggu sejenak layaknya kulkas keluaran terdahulu.

Jadi, itulah tips untuk memulai hobi memasak yang bisa Sobat AQUA lakukan. Jangan lupa juga untuk menggunakan produk kulkas yang bisa menunjang hobi memasak Sobat AQUA, ya, seperti kulkas dari AQUA Elektronik. Ingin tahu lebih lanjut mengenai kulkas AQUA Elektronik? Kunjungi Official Website AQUA Elektronik sekarang!

AQUA ELEKTRONIK PRODUCT SERVICE & SUPPORT

Kami dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk, perawatan, penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan produk AQUA ELEKTRONIK Anda.

LIVE CHAT

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

CALL CENTER
BEBAS PULSA
0800 1 003 003

Senin - Jumat
07:00 - 19:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur
08:00 - 17:00 WIB

SMS & Whatsapp

0858-1000-3003